Profil Biografi Ustadz Muhammad Arifin Ilham

Profil Biodata Ustadz Muhammad Arifin Ilham Meninggal DuniaK.H. Muhammad Arifin Ilham (lahir di Banjarmasin, 8 Juni 1969 – meninggal di Penang, 22 Mei 2019 pada umur 49 tahun) adalah seorang pendakwah atau dai berkebangsaan Indonesia. Ia mendirikan majelis taklim bernama "Adz-Dzikra" pada tahun 2000. Arifin Ilham adalah anak kedua dari lima bersaudara, dan dia satu-satunya anak lelaki. Ayah Arifin masih keturunan ketujuh Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, ulama besar di Kalimantan, sementara ibunya, Hj. Nurhayati, kelahiran Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari (Arab: الشيخ محمد أرشد بن عبدالله بن عبدالرحمن البنجري, translit. al-Syaikh Muhammad Arsyad bin 'Abdullāh bin 'Abdurraḥman al-Banjarī‎) (lahir di Lok Gabang, 17 Maret 1710 – meninggal di Dalam Pagar, 3 Oktober 1812 pada umur 102 tahun) adalah ulama fiqih mazhab Syafi'i yang berasal dari kota Martapura di Tanah Banjar (Kesultanan Banjar), Kalimantan Selatan. Beliau hidup pada masa tahun 1122-1227 hijriyah. Dia disebut juga Haji Besar dan mendapat julukan anumerta Datu Kalampaian. Beliau adalah pengarang Kitab Sabilal Muhtadin yang banyak menjadi rujukan bagi banyak pemeluk agama Islam di Asia Tenggara.

Sabilal Muhtadin (Arab: سبيل المهتدين, translit. Sabīl al-Muhtadīn‎) atau Sabilal Muhtadin lit-Tafaqquh fi Amrid-din (Arab: سبيل المهتدين للتفقه في امر الدين, translit. Sabīl al-Muhtadīn lit-Tafaqquh fī 'Amrid-dīn, har. 'Jalan bagi orang-orang yang mendapat petunjuk untuk mendalami urusan-urusan agama'‎), adalah salah satu kitab yang sangat masyhur karangan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.

Kitab yang ditulis pada tahun 1779 M (1193 H) pada zaman pemerintahan Sultan Tamjidullah ini merupakan kitab yang menerangkan ilmu fikih dalam Madzhab Syafi'i. dan seluruh uraiannya diambil dari berbagai kitab yang dikarang oleh ulama madzhab Syafi'i, seperti: Syarah Minhaj oleh Syaikhul Islam Zakaria al-Anshari, Al-Mugni oleh Syekh Khatib As-Syarbaini, At-Tuhfah oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami, An-Nihayah oleh Syekh Ar-Ramli dan beberapa buah matan, syarah dan komentar lainnya.