Biodata Iyeth Bustami - The Queen Of Melayu

Profil Biodata Iyeth Bustami - Queen Of MelayuIyeth Bustami (lahir dengan nama Sri Barat di Bengkalis, 24 Agustus 1974; umur 45 tahun) adalah seorang penyanyi melayu dan dangdut berkebangsaan Indonesia. Salah satu artis yang bercakap menggunakan logat Melayu asli Riau dan salah satu artis yang mempunyai ciri khas dalam berhijab.

Iyeth menikah dengan Eka Sapta pada 6 April 2004, dan kini telah dikaruniai tiga orang anak. Iyeth pernah menjadi Penyanyi Wanita Terbaik Versi Anugerah Dangdut TPI 2003.[butuh rujukan] Ia telah lama mendedikasikan dirinya di dunia musik. Di Riau, ia telah terkenal dengan suara khas cengkok melayu yang dimilikinya. Pada tahun 1993, Iyeth pindah ke Jakarta, dan memulai di dunia musik dengan mulai menerbitkan album Pop Melayu '40-'60 melalui label JK Record. Pada tahun yang sama, Eddy Lestahulu dengan bantuan aransemen oleh Alik Ababiel, Iyeth meluncurkan album bernama Rumah Cinta yang diproduksi oleh label Maheswara Musik.

Nama Iyeth semakin terkenal sejak menyanyikan lagu Laksmana Raja di Laut pada tahun 2004, di album Zapin-Dut: Laksmana Raja di Laut. Lagu ini juga melejitkan nama Tia AFI setelah ia membawakannya dalam salah satu konser eliminasi Akademi Fantasi Indosiar II pada tahun yang sama. Pemilihan umum legislatif 2014 - Iyeth menjadi calon anggota legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat pusat dari Partai Kebangkitan Bangsa daerah pemilihan Riau I: Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kabupaten Rokan Hilir.[2][3][4]